Berita PMI Jakarta Timur Berikan Layanan Dukungan Psikososial dan Distribusi Bantuan di SDN Kebon Pala 11 Pagi
02/05/2025

JAKARTA, 2 Mei 2025 — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Timur melaksanakan kegiatan Psychosocial Support Services atau Layanan Dukungan Psikososial di SDN Kebon Pala 11 Pagi sebagai bagian dari respons pascabanjir yang melanda wilayah tersebut.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan emosional dan edukatif kepada anak-anak sekolah yang terdampak, sekaligus membangun kembali semangat dan rasa aman di lingkungan sekolah. Dalam pelaksanaannya, para relawan dan staf PMI mengajak para siswa-siswi untuk mengikuti sejumlah aktivitas seperti bernyanyi bersama, praktek cuci tangan yang benar, serta penyuluhan mengenai kewaspadaan terhadap penyakit yang umum terjadi pascabanjir, seperti diare, demam berdarah, penyakit kulit, ISPA dan leptospirosis.
Selain layanan dukungan psikososial, PMI Jakarta Timur juga turut mendistribusikan berbagai bantuan untuk mendukung pemulihan sekolah, antara lain:
Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban warga sekolah terdampak banjir serta mendukung upaya menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat sekolah.
“Terima kasih kepada PMI Jakarta Timur yang sudah datang bersama timnya yang telah memberikan pelayanan dukungan psikososial terhadap SDN Kebon Pala 11 Pagi, mudah-mudahan ini menjadikan ilmu bagi anak-anak kami.” Ucap pak Sutejo selaku Kepala Sekolah SDN Kebon Pala 11 Pagi.
“Melalui pendekatan psikososial dan distribusi bantuan, kami berharap dapat membantu anak-anak dan masyarakat untuk pulih lebih cepat dari dampak bencana,” ujar perwakilan PMI Jakarta Timur di sela-sela kegiatan.
Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen PMI dalam memberikan pelayanan kemanusiaan yang menyeluruh, baik dari aspek fisik maupun psikososial, terutama kepada kelompok rentan seperti anak-anak sekolah. PMI Jakarta Timur terus berkomitmen hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam situasi darurat dan pascabencana, dengan memberikan dukungan yang tidak hanya bersifat fisik namun juga emosional dan sosial.(opi)
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan emosional dan edukatif kepada anak-anak sekolah yang terdampak, sekaligus membangun kembali semangat dan rasa aman di lingkungan sekolah. Dalam pelaksanaannya, para relawan dan staf PMI mengajak para siswa-siswi untuk mengikuti sejumlah aktivitas seperti bernyanyi bersama, praktek cuci tangan yang benar, serta penyuluhan mengenai kewaspadaan terhadap penyakit yang umum terjadi pascabanjir, seperti diare, demam berdarah, penyakit kulit, ISPA dan leptospirosis.
Selain layanan dukungan psikososial, PMI Jakarta Timur juga turut mendistribusikan berbagai bantuan untuk mendukung pemulihan sekolah, antara lain:
- 3 paket cleaning kit
- 3 pasang sepatu boots
- 270 paket hygiene kit (berisi sabun mandi, sikat gigi, dan pasta gigi)
- 270 paket snack (berupa roti dan air mineral)
Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban warga sekolah terdampak banjir serta mendukung upaya menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat sekolah.
“Terima kasih kepada PMI Jakarta Timur yang sudah datang bersama timnya yang telah memberikan pelayanan dukungan psikososial terhadap SDN Kebon Pala 11 Pagi, mudah-mudahan ini menjadikan ilmu bagi anak-anak kami.” Ucap pak Sutejo selaku Kepala Sekolah SDN Kebon Pala 11 Pagi.
“Melalui pendekatan psikososial dan distribusi bantuan, kami berharap dapat membantu anak-anak dan masyarakat untuk pulih lebih cepat dari dampak bencana,” ujar perwakilan PMI Jakarta Timur di sela-sela kegiatan.
Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen PMI dalam memberikan pelayanan kemanusiaan yang menyeluruh, baik dari aspek fisik maupun psikososial, terutama kepada kelompok rentan seperti anak-anak sekolah. PMI Jakarta Timur terus berkomitmen hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam situasi darurat dan pascabencana, dengan memberikan dukungan yang tidak hanya bersifat fisik namun juga emosional dan sosial.(opi)